MENU
STUDENT'S DASHBOARD
HOTLINKS
KARYA TULIS | ARMADYAH AMBOROWATI, S.KOM, M. ENG.
No.Hasil Karya
1 Contoh Implementasi Design Pattern
Sinopsis :
Design pattern merupakan komponen yang diperlukan dalam proses reusable-code pada pemrograman berorientasi objek. Berbagai jenis design pattern yang sering digunakan antara lain Singleton, Adapter Pattern, Façade Pattern, Bridge Pattern, Strategy Pattern, Observer Pattern, dan Tamplete Pattern. Dalam penulisan ini menjelaskan mengenai tujuan dari masing-masing design pattern dan contoh implementasinya.

2 AMAZON Web Services
Sinopsis :
Penerapan web services pada suatu sistem Business-to-business ( B2B ) sangatlah penting contohnya kasus pada AMAZON dan armadyah books. Web services mendukung interopable machine-to-machine dalam suatu jaringan. Dalam suatu Web services ditandai dengan adanya SOAP yang telah diencapsulasi dalam XML Schema dalam format WSDL.

3 Review sebuah website www.kpu.go.id
Sinopsis :
KPU merupaka lembaga independen yang mempunyai tugas untuk menyelengarakan pemilihan umum yang bersih, transparan, akuntabel, dan mendukung terciptanya demokrasi di indonesia yang berkualitas berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Tulisan ini mengevalusi website kpu yang menggunakan HOT fit model yang menekankan pada kualitas informasi, yaitu akurat, relevan, dan tepat waktu. Hasil analisis disimpulkan bahwa website KPU belum mendukung sepenuhnya tugas dari KPU. Kata kunci: KPU, Pemilihan umum, HOT ( human-Organization-Technologi ) fit Model, kualitas informasi

4 PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DATA WAREHOUSE PADA PERPUSTAKAAN STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
Sinopsis :
Data is significant assets for a company to develop a a strategy or to reach a sound decision. For the purpose, data can be processed using various means such as Operational database, Operational Application, or a data warehouse. Data warehouse development phase Method is used in this study. This study is aimed to design and develop a data warehouse in STMIK AMIKOM Yogyakarta Library Unit. ETL process can be performed after the noise found is eliminated and the devised data warehouse is adjusted with the library needs. To conclude so, it is necessary to perform a data warehouse functional testing in which the report is analyzed.

5 Aplikasi Sistem Quick Count ( Si-Q-Cup ) Pilkada Pemilihan Kepala Daerah Studi Kasus Pilkada Propin
Sinopsis :
Pilkada ini sangat tergantung pada kelancaran dalam proses pengambilan suara dan proses penghitungan hasil suara. Pada prakteknya pada saat perhitungan suara muncul indikasi-indikasi kecurangan. Indikasi kecurangan ini tidak hanya terjadi di TPS ( Tempat pengambilan Suara ) setempat tapi juga bisa terjadi di level di atas, contohnya di kecamatan atau di tempat lainnya. Hal ini disebabkan karena hasil perhitungan suara dari tiap-tiap TPS harus dikumpulkan terlebih dahulu sebelum dihitung total keseluruhan. Tidak hanya indikasi kecurangan yang menjadi isu tetapi juga kecepatan dari proses perhitungan total. Banyak pihak-pihak yang terkait yang membutuhkan informasi yang cepat tentang hasil perhitungan suara dan dokumentasi dari proses PILKADA ini seperti LSM, Peneliti, dan masyarakat yang selama ini tidak ada dokumentasi yang ter-publis dari masing-masing daerah. SI-Q-CUP berfungsi untuk membantu mempercapat perhitungan suara pada pemilu/pilkada yang berbasis SMS sehingga datanya dapat dipublikasikan secara langsung dalam sebuah aplikasi web.

6 SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN PERUMAHAN DENGAN METODE AHP MENGGUNAKAN EXPERT CHOICE
Sinopsis :
Penentuan perumahan mana yang harus dipilih oleh konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya harga, lokasi, fasilitas umum, perijinan, desain rumah, dan kedibilitas dari developer. Makalah ini bertujuan untuk mencari kriteria-kriteria yang digunakan didalam pemilihan perumahan oleh konsumen. Kriteria-kriteria tersebut dianalisis menggunakan metode AHP menggunakan software Expert Choice. Hasil analisis yang didapat kriteria tertinggi adalah perijinan legal tidaknya kepemilikan atas tanah dan bangunnya.

7 SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIAN KARYAWAN BERPRESTASI BERDASARKAN KINERJA ( Studi kasus pada STM
Sinopsis :
Dalam penentuan karyawan berprestasi oleh Departemen Sumber Daya Manusia di STMIK AMIKOM Yogyakarta terdapat beberapa faktor yang menjadi penilaian. Penilaian ini berdasarkan penilaian kinerja, yakni pengetahuan tentang pekerjaan, kreativitas, perencanaan, pelaksanaan instruksi, pelaksanaan deskripsi tugas, kualitas kerja, kerjasama dan sikap terhadap karyawan lain, inisiatif, kehandalan, kedadiran, sikap pekerjaan, keuletan, dan kejujuran . Demi efisiensi dan efektifitas kerja maka pengambilan keputusan yang tepat sangat diperlukan. Makalah ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan yang mempunyai kemampuan analisa pemilihan karyawan berprestasi dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP), dimana masing-masing kriteria dalam hal ini faktor- faktor penilaian dan alternatif dalam hal ini para karyawan dibandingkan satu dengan yang lainnya sehingga memberikan output nilai intensitas prioritas yang menghasilkan suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap setiap karyawan. Sistem pendukung keputusan ini membantu melakukan penilaian setiap karyawan, melakukan perubahan kriteria,dan perubahan nilai bobot. Hal ini berguna untuk memudahkan pengambil keputusan yang terkait dengan masalah pemilihan karyawan berprestasi, sehingga akan di dapatkan karyawan yang paling layak diberi reward atau penghargaan.

8 Rancangan Sistem Pameran Online menggunakan Metode UCD
Sinopsis :
User merupakan object yang penting didalam pengembangan dan pembangun sistem. User disini adalah pribadi, organisasi, dan masyarakat. User saat ini harus berada pada level of design sophistication dari semua antarmuka grafis beserta isi dari webnya. Pada saat user berinteraksi dengan sistem user harus merasa sesuai dengan pengalaman yang pernah dirasakan pada saat berinteraksi dengan sistem yang lain. User harus merasa puas dengan informasi yang disediakan oleh sistem dan merasa nyaman saat berinteraksi dengan sistem. UCD ( user Centered Design ) adalah filosofi perancangan yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari proses pengembangan sistem. Pendekatan UCD telah didukung berbagai teknik, metoda, tools, procedur, dan proses yang membantu perancangan sistem interaktif yang lebih berpusat pada pengguna. Sasaran UCD adalah lebih dari sekedar membuat produk yang berguna

9 TINJAUAN SEBUAH IT MASTER PLAN
Sinopsis :
Saat ini, penggunaan Teknologi Informasi di perusahaan semakin meningkat tidak hanya untuk proses operasional sehari-hari, tetapi sudah pada proses membantu pengambilan keputusan. Bahkan, pada beberapa sektor industri, ketergantungan terhadap Teknologi Informasi sudah sangat besar seperti pada sektor perbankan dan keuangan. Namun demikian, perusahaan juga tidak bisa secara gegabah mengeluarkan investasi untuk implementasi Teknologi Informasi, karena tentu saja harus memperhitungkan cost dan benefit yang dihasilkannya. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan semacam blue print yang sering disebut sebagai IT Master Plan sebagai dasar perusahaan dalam melakukan implementasi Teknologi Informasi.IT Master Plan pada intinya berisi rencana strategis perusahaan dalam mengimplementasikan dan membangun sistem informasi di Perusahaan. Di dalamnya berisi pedoman kebutuhan sistem informasi seperti apa yang diperlukan perusahaan.

10 DEKONSTRUKSI SISTEM SEBAGAI BAHAN REKOMENDASI PENGEMBANGAN SISTEM
Sinopsis :
Business organization is more than aware to the fact that information is nothing less important than any other of its resources to be managed. When used wisely, it might even be a critical weapon to win the harsh competition. Database management is a standard tool for the purpose. It is initiated with recognizing the pertinent data related to each other. Enterprise Data Modeling is used in this process to define the scope and generic content of a company’s database. The paper uses www.bookpool.com, a web-based book store for object study. Using the method, the website is examined to reveal the entities and observing the relation constructed.